Pandangan Bekam Secara Medis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Salah satu pengobatan alternatif yang dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit adalah bekam. Bekam masih digunakan sebagai pengobatan tradisional di negara Cina, Timur Tengah, dan tentunya  Indonesia. Bekam merupakan pengobatan tradisonal yang sudah ada sejak dulu bahkan ribuan tahun yang lalu. Bekam dilakukan dengan menggunakan sebuah alat seperti cangkir yang nantinya akan ditempelkan pada permukaan kulit. Namun bagaimana pandangan bekam secara medis ?
Biasanya orang akan bertanya-tanya apakah aman menggunakan bekam untuk menyembuhkan penyakit yang di derita?.


doktersehat.com

Pandangan Pengobatan Bekam Secara Medis

Biasanya seseorang akan memilih bekam dengan alasan sudah dipercaya sejak dulu dan sudah turun temurun. Bekam dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit seperti hipertensi, ginjal, dan vertigo. Bekam juga dapat menyembuhkan rasa nyeri  dan pegal-pegal pada otot.
Lalu bagaimana pandangan medis tentang bekam? Metode bekam  dalam pandangan medis sering dihubungkan dengan pengertian detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri adalah proses membuang darah. Namun secara medis bekam dan detoksifikasi tidak ada hubungannya. Menrut pandangan medis racun atau darah kotor yang terdapat dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan seluruhnya menggunakan metode bekam. Karena racun atau darah kotor tersebar ke seluruh tubuh. Sedangkan proses detoksifikasi dibantu dengan organ ginjal.

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh


Seperti yang diketahui bahwa bekam memilki 2 jenis yaitu bekam basah dan bekam kering. Dari kedua jenis tersebut sama-sama menggunakan cangkir sebagai alat terapi namun terdapat sebuah perbedaan dari kedua jenis bekam tersebut. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari proses penyembuhannya. Jenis bekam basah akan menggunakan proses penyayatan atau penususkan pada permukaan kulit yang sudah dibekam kemudian ditutup kembali menggunakan cangkir. Hal ini bertujuan untuk mengelaurkan darah dari pori-pori kuli. Sedangkan pada jenis bekam kering tidak menggunakan penususkan atau penyayatan. 

Bekam memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Menyembuhkan kolesterol dan menurunkan hipertensi hingga ke titik normal. Otot yang mengalami nyeri dapat terelaksasi dengan menggunakan bekam. Bekam juga dapat mengatasi insomnia yang mengganggu kenyamanan saat tidur. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa bekam dapat mengeluarkan darah kotor. Darah kototr yang keluar dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan nyaman. Jika anda ingin melakukan terapi bekam maka anda bisa mencoba mengunjungi klinik terapi bekam Surabaya yaitu Klinik Terapi Bekam NHT Surabaya. 

Klinik ini memberikan layanan yang sangat berkualitas, harga yang diberikan juga sangat ekonomis, dan tentunya peralatan yang digunakan juga sangat steril. Klinik Terapi Bekam NHT Surabaya sudah dipercaya banyak masyarakat untuk menyembuhkan segala penyakit dengan terapi bekam.