Inilah Perbedaan Bekam Basah dan Kering Dari Segi Proses

Bekam merupakan pengobatan tradisional yang masih digemari hingga saat ini. Banyak orang yang lebih memilih bekam dibandingkan dengan pengobatan medis di rumah sakit. Banyak alasan yang mendasari orang memilih untuk bekam. Salah satunya adalah manfaat yang dirasakan sangatlah terbukti. Berbicara mengenai bekam, anda harus mengetahui beberapa jenis bekam yang ada di Indonesia yaitu bekam basah dan bekam kering.


Mengetahui Perbedaan Bekam Basah dan Kering

Bekam kering ataupun bekam basah dilakukan dengan menggunakan alat seperti cangkir yang berbentuk kecil. Namun terdapat perbedaan bekam basah dan bekam kering. Perbedaan tersebut dapat dilihat melalui proses pengobatannya. Proses pengobatan bekam kering dilakukan dengan cara meletakkan bekam diatas permukaan kulit namun sebelum diletakkan cangkir harus dipanasi terlebih dahulu. Pemanasan tersebut dilakuakn dengan cara memasukkan sesuatu yang dapat terbakar ke dalam cangkir seperti kertas, ramuan herbal, atau sejenis alkohol kemudian dibakar menggunakan api.

Lama kelamaan api akan padam, ketika api sudah mulai mengecil, cangkir akan langsung diletakkan di atas permukaan kulit. Cangkir yang panasa akan menarik permukaan kulit masuk kedalam. Kemudian udara yang berada di dalam cangkir akan berubah menjadi dingin. Kulit yang terhisap akan berubah warna menjadi merah.

Berbeda dengan jenis bekam basah. Bekam basah dilakukan dengan cara menyayat atau menusuk bagian permukaan kulit bekas bekam. Kemudian ditutup kembali menggunakan cangkir. Tusukan atau sayatan tersebut digunakan untuk mengeluarkan sejumlah darah dari dalam tubuh. Banyak orang yang mengatakan bahwa darah yang dikeluarkan ketika berbekam adalah darah kotor. Darah itulah yang nantinya digunakan untuk menganalisa penyakit apa yang sedang diderita. Terdapat sebuah pendapat ahli dari Cina yang mengatakan bahwa jenis bekam yang basah lebih nyaman untuk digunakan pada pasien.

Jenis bekam yang telah dilakukan entah itu bekam kering atau basah pasti memiliki manfaat tersendiri. Salah satunya adalah melancarkan sirkulasi aliran darah di seluruh tubuh. Pengobatan bekam juga dapat mengeluarkan beberapa racun yang mengendap di dalam tubuh.

Memilih Pengobatan Bekam Jenis Kering atau Basah

Apabila anda berniat untuk melakukan pengobatan dengan cara berbekam maka anda bisa mencobanya di klinik bekam NHT Surabaya. Banyak orang yang sudah mengunjungi klinik bekam Surabaya ini. Kilinik bekam NHT Surabaya memberikan layanan pengobatan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Mulai dari bekam basah atau bekam kering. Tarif harga yang diberikan dari klinik ini bisa dibilang sangat terjanglau dan ekonomis. Kualitas pelayanannya juga tidak perlu diragukan lagi sebab sudah banyak orang yang membuktikannya.

Perbedaan bekam basah dan kering perlu anda ketahui karena jika anda berniat untu berbekam maka anda harus memilih diantara kedua jenis bekam tersebut. Pemilihan tidak dilakukan sembarangan, anda perlu menyesuaikan dengan kondisi dan kesehatan tubuh.