Hukum Bekam Menurut Islam Lengkap Dengan Sejarah Singkatnya

Hukum Bekam Menurut Islam

Berbagai jenis penyakit sudah terbukti mampu disembuhkan dengan terapi bekam. Lalu bagaimanakah pandangan Islam terhadap bekam? Seperti yang diketahui, metode pengobatan ada yang dinilai wajib, sunah, makruh dan bahkan haram. Untuk mengetahui hukum bekam menurut Islam, ada baiknya anda simak ulasan di bawah ini.

Dalam kitab Tasyirul Fiqih lil Muslimil Mu’ashiroleh Dr. Yusuf Qardhawi, Imam Ghazali berpendapat bahwa Al Hijamah (bekam) termasuk fardhu kifayah. Hal ini berarti apabila di suatu wilayah tak ada seorang yang mempelajari terapi bekam, maka semua penduduknya akan mendapat dosa. Akan tetapi, jika ada salah seorang saja yang melaksanakan terapi bekam, maka gugurlah kewajiban penduduk lainnya.

Bekam itu sendiri adalah metode pengobatan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh lewat permukaan kulit ari. Pengobatan ini terdiri dari dua jenis, yakni bekam kering dan bekam basah. Sementara penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi bekam diantaranya yaitu asam urat, reumatik, sakit punggung, hemophilia, hipertensi, arthritis, vertigo, migrain, dan masih banyak lainnya.





Sejarah Bekam Menurut Islam

Dengan berlandaskan hukum fardhu kifayah, bekam memiliki sejarah dalam dunia Islam. Diketahui bahwa Rasulullah SAW berpesan "Apabila dalam metode pengobatan kalian terdapat kebaikan, maka itu ada dalam bekam." Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda bahwasanya “Sebaik-baik pengobatan yang kalian gunakan ialah bekam.”

Anjuran bekam juga disampaikan oleh malaikat. Hal ini diketahui dari sabda Rasulullah SAW. “Di malam diisro’kan, aku tidaklah melewati sekumpulan malaikat, kecuali berkata, ‘Wahai Muhammad, perintahlah umatmu agar berbekam.'” Dalam riwayat lain disampaikan, “Hendaklah engkau berbekam, wahai Muhammad!.” Rasulullah SAW juga bersabda, “Jibril memberitahuku bahwa bekam adalah pengobatan paling bermanfaat yang digunakan manusia.”

Rekomendasi Klinik Terapi Bekam


Bekam memang direkomendasikan sebagai metode pengobatan. Maka dari itu, anda tak perlu ragu untuk menggunakan terapi bekam dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Hanya saja, pastikan anda mempercayakannya kepada tempat terapi bekam terbaik dan terpercaya. Sebagai pilihan terbaik, anda bisa percayakan kepada Klinik Terapi Bekam Surabaya. Dengan layanan terbaik, Klinik Terapi Bekam Surabaya menawarkan biaya bekam yang sesuai.

Klinik Terapi Bekam Surabaya sudah dipercaya sejak dulu dalam menangani terapi bekam. Tak mengherankan karena Klinik Terapi Bekam Surabaya memiliki legalitas yang jelas, bersertifikasi dan berpengalaman. Anda pun akan mendapatkan layanan terapi bekam secara profesional, cekatan dan terbukti menyembuhkan. Semakin direkomendasikan karena lokasi Klinik Terapi Bekam Surabaya begitu strategis.

Setelah anda mengetahui hukum dan sejarah bekam menurut Islam, pastikan anda tak ragu untuk mengunjungi Klinik Terapi Bekam Surabaya. Tanpa harus keluar banyak uang, Klinik Terapi Bekam Surabaya terbukti mampu mengobati segala keluhan penyakit yang anda derita, baik itu penyakit ringan maupun kronis.