Beberapa Hadis Bekam, Pengobatan Yang Dianjurkan

Pengobatan di dunia sudah berangsur-angsur modern. Banyak rumah sakit yang sudah tersedia dengan berbagai alat-alat canggih. Namun masih ada beberapa orang yang menggunakan cara tradisional untuk mengobati penyakitnya. Salah satu praktik pengobatan tradisional yang masih ada saat ini adalah bekam. Negara yang masih menggunakan praktik pengobatan ini adalah Cina dan Timur Tengah. Bekam merupakan metode pengobatan klasik yang dapat menyembuhkan penyakit seperti hipertensi, gout, reumatik, arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), vertigo, migraine, dan anxietas (kecemasan) serta masih banyak lagi. Metode bekam juga dapat menyembuhkan penyakit yang bersiat mental. Banyak hadis bekam yang menyarankan teknik pengobatan ini.

Beberapa Hadis Bekam

Anjuran untuk melakukan teknik pengobatan dengan cara bekam sudah dikatakan di dalam beberapa hadis. Berikut ini beberapa hadisnya

1. Hadis Shahih Muslim 1577

"Bahwa sesungguhnya Rasulullah berbekam atau hijamah lalu memerintahkan keluarga beliau dan Rasulullah bersabda: sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah".

2. Hadis Ma'riatu Shahabah dan Mu'jam Kabir At Thabrani

Dari Muawiyah, dari Ma'ql bin Yassar r.a, berkata: "bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda: Hijamah pada hari selasa atau tanggal 17 adalah pengobatan yang disunahkan"

3. Hadis Musnad Abd bin Hamid

Dari Ibn Abbas r.a, Rasulullah bersabda: sebaik-baik hari untuk Hijamah adalah pada tanggal 17, tanggal 19 dan 21. Kemudian Rasulullah diperintahkan oleh para malaikat untuk menganjurkan teknik bekam pada umatnya.

4. Hadis Bukhari

"Kesembuhan (obat)itu ada pada tiga hal yaitu dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku dengan besi panas."

5. Hadis Muttaaq'alaihi, Shahih Bukhari (no. 2280) dan Shahih Muslim (no. 2214)

"Sesungguhnya teknik pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)''

6. Hadis Riwayat Ahmad

"Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al hijamah"

7. Hadis Kitab Mukhtashar Muslim (no.14880)

"Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan"

8. HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Ya'la, al-Hakim, al-Baihaqi

Dari Ashim bin Umar bin Qatadah RA, dia memberitahukan baha Jabir bin Abdullah RA pernah menjenguk al-Muqqni' RA, dia bercerita: "Aku tidak sembuh sehingga aku berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya didalamnya terkandung kesembuhan".

9. HR. Muslim

"Kesembuhan bisa diperoleh dengan 3 cara yaitu sayatan pisau bekam, tegukan madu, ssundutan api. Namun aku tidak menyukai berobat dengan sundutan api"

10. Shahih Sunan at-Tirmidzi

"Rasulullah SAW pernah menyampaikan sebuah hadis tentang malam (malam isra) dimana beliau diperjalankan dan tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh beliau SAW dengan mengatakan" Perintahkanlah umatmu untuk berbekam".
Itulah beberapa hadis yang menganjurkan untuk berbekam karena metode pengobatan ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Anda juga bisa menggunakan teknik bekam untuk menyembukan penyakit.